-->

20 Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Cilacap yakni sebuah kabupaten yang mempunyai tempat terbesar Provinsi di jawa tengah. Banyak yang tidak menduga sekiranya sesungguhnya Cilacap mempunyai banyak potensi liburan yang dapat anda kunjungi bersama keluarga pada ketika musim wisata.

Kabupaten Cilacap berlokasi di komponen pesisir selatan pulau jawa yang menghasilkan kabupaten ini mempunyai pesona alam yang cukup cantik terutama pantai. Karenanya dari itu, pada kans kali ini kami akan membahas secara singkat mengenai obyek liburan di Cilacap yang mungkin belum dikenal oleh banyak orang.

Apa yang terlintas di benak anda saat mendengar kabupaten Cilacap? Tentunya banyak yang menduga bahwa Cilacap yakni daerah yang angker sebab disana terdapat penjara khusus tahanan yang mempunyai melanggar hukum baling berat yang letak bui nya berada di pulau nusakambangan. Cilacap yakni sebuah kabupaten yang juga mempunyai luasan tempat terbesar yang ada di jawa tengah. Pulau nusakambangan juga termasuk dalam komponen kawasan dari kabupaten Cilacap. Banyak yang tidak menduga sekiranya sesungguhnya Cilacap mempunyai banyak potensi liburan yang dapat anda kunjungi bersama keluarga pada ketika musim wisata. Kabupaten Cilacap berlokasi di komponen selatan pulau jawa yang menghasilkan kabupaten ini mempunyai pesona alam yang cukup cantik terutama pantai. Karenanya dari itu, pada kali ini akan membahas mengenai tempat wisata terbaik di cilacap yang wajib dikunjungi. Berikut ulasan 20 tempat wisata dicilacap :


1. Wisata Hutan Mangrove Cilacap
            Liburan Hutan Mangrove di Karang Talun Cilacap Jawa Tengah merupakan salah satu daerah liburan yang berada di desa karang talun, kecamatan tritih kulon, kabupaten cilacap, provinsi jawa tengah, negara indonesia. Liburan Hutan Mangrove di Karang Talun Cilacap Jawa Tengah merupakan daerah liburan yang ramai dengan pelancong pada hari awam ataupun hari wisata. Daerah ini betul-betul cantik dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dengan kegiatan kita sehari hari.

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi


Liburan Hutan Mangrove di Karang Talun Cilacap Jawa Tengah mempunyai pesona estetika yang betul-betul menarik untuk dikunjungi. Amat di sayangkan sekiranya anda berada di kota cilacap tak mengunjungi liburan hutan yang memiliki estetika yang tiada duanya hal yang demikian.

Liburan Hutan Mangrove di Karang Talun Cilacap Jawa Tengah betul-betul sesuai untuk mengisi aktivitas wisata anda, apalagi ketika wisata panjang seperti libur nasional, maupun hari ibur lainnya. Estetika Liburan Hutan Mangrove di Karang Talun Cilacap Jawa Tengah ini sangatlah bagus bagi anda seluruh yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi daerah  Liburan Hutan Mangrove di Karang Talun Cilacap Jawa Tengah di kota cilacap.


2. Kampung Laut Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

        Banyak yang tak mengenal eksistensi kampung laut Cilacap yang terbukti menaruh estetika alam yang betul-betul luar awam. Kampung laut yang menjadi daerah liburan di Cilacap jawa tengah ini menyuguhkan estetika panorama seperti kehidupan masyarakat kampung laut yang hidup diatas laut, estetika hutan bakau, serta terdapat gua karst yang dapat anda kunjungi. Untuk menuju ke kampung laut ini dapat dengan menaiki kapal via sebuah dermaga yang ada di Cilacap, atau dapat juga dengan via pulau nusakambangan dengan menelusuri hutan bakau dengan menaiki kapal boat lagi. Liburan kampung laut akan betul-betul cantik saat anda datang pada musim kemarau, sebab sekiranya pada ketika musim hujan anda tak dapat menelusuri estetika pesona alam yang disuguhkan.

3. Pulau Nusakambangan

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

        Yap, pulau ini memang betul-betul tenar sebab di pulau nusakambangan ini terdapat penjara yang dikhususkan untuk narapidana dengan tingkat melanggar hukum yang dilaksanakan betul-betul berat. Tapi di balik kisah penjara kelas kakap hal yang demikian, pulau nusakambangan juga menjadi daerah liburan Cilacap yang mempunyai pemandangan estetika alam memukai yang dapat anda kunjungi. Apa saja sih yang ada di pulau nusakambangan ini? di pulau ini terdapat pantai pasir putih yang tak dapat ditemui pada ketika anda di pantai teluk penyu. Seklain estetika pantai pasir putih, pulau nusakambangan yang dikelilingi hutan hal yang demikian mempunyai ke eksotisan tersendiri yang dapat anda nikmati pada ketika mengunjungi daerah hal yang demikian. terdapat pula benteng peninggalan jajahan belanda yang dapat anda susuri dan sekalian belajar mengenai sejarah yang pernah terjadi pada ketika belanda menjajah Indonesia. Keeksotikan pulau ini membikin anda betah untuk berlama-lama merasakan cantiknya pesona suasana alam yang asri di pulau nusakambangan ini. jalan masuk untuk menuju ke pulau hal yang demikian cuma dengan menaiki kapal dari pantai teluk penyu selama 5 menit. Sekiranya anda telah puas dan berharap pulang dapat menghubungi kapal yang tadi diterapkan untuk perjalanan berangkat.

4. Benteng Pendhem Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

         Nah, liburan yang satu ini yakni objek liburan Cilacap yang harus anda kunjungi. Letaknya betul-betul dekat dengan pantai teluk penyu. Banteng ini menjadi peninggalan sejarah penjajahan belanda yang cukup luas dan terjaga keutuhannya sebab dikelola dengan betul-betul bagus oleh pemerintah setempat. Di sini anda dapat menyewa tour guide untuk memberi nasehat anda serta memberikan kabar rinci mengenai seluruh titik yang ada di benteng ini sembari menelusuri estetika benteng pendem yang menakjubkan. Bangunan benteng yang masih betul-betul kokoh ini terbukti telah dibangun semenjak 1861. Adapun sebagian titik penting yang ada di benteng pendem ini merupakan terowongan, benteng pengintai, ruang tembak, ruangan untuk amunisi, senjata bom yang masih berdiri tegak pada sisi atas bukit dekat benteng, dan masih banyak lagi titik menarik yang dapat anda susuri dengan penjelasan komplit dari para tour guide. Tapi beberapa dari benteng ini masih tertimbun di dalam tanah dengan kedalamn 1 hingga dengan 3 meter. Di benteng ini juga terdapat sebagian fasilitas mainan si kecil seperti ayunan, kepal yang dapat menelusuri danau yang ada di dalam benteng hingga dengan daerah memancing.

5. Benteng Karang Bolong

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

         Benteng peninggalan jajahan belanda ini menjadi liburan Cilacap yang dapat anda kunjungi sebab mempunyai ke eksotisan tersendiri. Liburan sejarah ini mempunyai luas benteng kuranf lebih 6000 meter persegi yang dilengkapi dengan empat lantai. Selain membikin benteng ini unik merupakan dua lantai berada di permukaan tanah dan dua lantainya lagi berada di bawah permukaan tanah. Terdapat pula peninggalan meriam yang dulunya diterapkan untuk pertahanan musuh dari arah laut. Sistem itu di dalam benteng ini juga terdapat sebagian ruangan bersejarah yang diterapkan sebagai daerah penyimpanan logistic, daerah senjata, ruang prajurit, hingga dengan ruang penyiksaan. Masyarakat setempat mengatakan sekiranya benteng ini terkesan menakutkan sebab kerap terjadi kejadian-kejadian aneh yang tidak masuk diakal.Wah seperti apa ya kaprah-kaprah? Itulah yang membikin banyak orang beratensi datang untuk membongkar misteri hal yang demikian.

6. Gunung Srandil Cilacap
          Gunung Srandil yakni sebuah bukit karang yang berada di pesisir Pantai laut Selatan tepatnya di desa Glempang Pasir Kec. Adipala, Cilacap. Menuju Gunung Srandil bisa melewati kota Kroya, ataupun kota Adipala.

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi


Gunung Srandil diyakini yakni sebuah petilasan Kaki Semar (kaki=kakek) dan Pangreh Gaib (Pangreh=penguasa), dan juga berfungsi sebagai Padepokan dari Kaki Semar dan para Pangreh Gaib lainnya yang berkenan bersemayam disana.

7. Gunung Selok Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

          Gunung Selok mempunyai pemandangan alam yang istimewa dan menakjubkan, ada titik Selfie Deck dengan view hamparan laut selatan dan pesawahan dibawahnya, dikelilingi pohon-pohon rindang diatas bukit kian menyejukan pengunjung. Di lokasi yang sama juga ada banyak hammock terpasang di pohon-pohon untuk bersantai, tempat duduk cinta.

8. Alun-alun kota Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

alun-alun Cilacap menjadi daerah yang sesuai untuk di datangi sebagai wiasta malam Cilacap. Alun-alun kota Cilacap ini akan betul-betul ramai pada ketika malam hari, pelbagai fasilitas hiburan disuguhkan untuk membikin pelancong mengenang kenangan cantik ketikan berkunjung ke Cilacap. Pemangangan malan alun-alun dengan emerlap lampu kendaraan beroda empat genjot yang hilir mudik sambil merasakan wedang ronde menghasilkan malam anda terasa total.

9. Pantai Teluk Penyu Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Pantai ini menjadi permulaan pembuka destinasi daerah liburan Cilacap yang harus untuk dikunjungi. Asal mula pantai ini dinamakan pantai teluk penyu merupakan sebab pada aman dulu, banyak sekali penyu liar yang banyak ditemui di pantai ini. melainkan seiring berkembangnya jaman penyu-penyu telah tak lagi datang. Pantai ini tenar dengan pemecah ombak yang dapat anda susuri hingga ke ujungnya, melainkan seharusnya dapat menjaga keseimbangan dan seharusnya betul-betul berhati-hati pada ketika berjalan sebab sewaktu-waktu ombak besar dapat saja datang. Pantai teluk penyu ini mempunyai ombak yang cukup besar melainkan konsisten aman untuk menjalankan pelbagai aktifitas pantai. Di pantai ini terdapat sebagian wahana yang dapat dicoba seperti banana boat dan speed boat yang tentunya masih berada dalam pengawasan  sehingga dijamin aman deh. Untuk problem perut yang keroncongan, liburan masakan Cilacap yang ada ditepian pantai sangatlah banyak dan siap untuk memuaskan asa masakan anda, yang perlu anda lakukan hanyalah memilih daerah yang sesuai cocok dengan selera anda. tidak perlu kebingungan juga sekiranya berharap membeli oleh-oleh khas pantai Cilacap sebab di tepian pantai banyak sekali toko-toko penjual oleh-oleh, mulai dari baju, hingga dengan makanan khas Cilacap.

Lokasi Teluk Penyu : Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap


10. Pantai Jetis Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Beralih ke tempat perbatasan kabupaten Cilacap dan kabupaten kebuman, pantai ini yakni pantai yang menyimbolkan perbatasan kedua kabupaten hal yang demikian. pantai jetis menjadi obyek liburan di Cilacap yang ramai dikunjungi oleh pelancong. Pantai yang dikelilingi oleh pesona panorama pegunungan kapur ini makin menjadkan banyak pelancong beratensi mengunjungi pantai ini untuk sekadar merasakan suasana alamnya.

11. Pantai Permisan Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Pantai ini masih betul-betul natural belum banyak terjamah oleh manusia. Dengan panorama yang betul-betul menakjubkan dan deburan ombak laut pesisir selatan akan membawa pelancong betah merasakan pemandangan estetika pulau-pulau kecil dan batu-batu karang didepan pantai memiliki poin tersendiri dibanding pantai liburan lainnya di Cilacap.

12. Pantai Kalipat Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Pantai kalipat yakni salah satu pantai di wilayah nusakambangan yang betul-betul memikat. Pantai dengan hamparan pasir putih dengan ombak biru berpadu dengan hujaunya bebukitan membikin sobat merasa tentram dan nyaman.
Sobat bisa bermain pasir sepuasnya atau sekadar memanjat pohon di pinggir pantai sambil merasakan ombak air laut nan biru.

13. Pantai Kali Kencana Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Wisata jalan masuk ke pantai kali kencana ini cukup murah, cukup membayar retribusi kapal sebesar 25 ribu untuk mendampingi ke sebrang nusakambangn dan dari sebrang itulah kita mengawali tracking di hutan nusakambangan selama kurang lebih 3 jam, mengapa ke pantai ini harganya lebih mahal atau berbeda sama sebagian pantai seperti Kalipat, Karang bandung, karng pandan dan sebagainya ? karna pantai ini udah bukan zona liburan lagi, pantai ini udah termasuk wilayah lapas nusakambangan..

14. Pantai Karang Pandan

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Wisata dikatakan pantai ini belum cukup tenar dan masih sepi sehingga betul-betul sesuai untuk anda yang berharap menenangkan pikiran menyatu dengan alam. Liburan pantai ini cukup cantik sekiranya dibandingi dengan liburan Cilacap dan sekitarnya. Pantai dengan pasir putih, air laut yang bening, serta ombak yang hening menghasilkan pantai ini betul-betul sesuai untuk untuk anda yang berharap bermain air dengan aman.

15. Pantai Widara Payung

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Liburan Cilacap yang satu ini mempunyai deburan ombak yang betul-betul besar dan betul-betul sesuai untuk menguji nyali para peselancar. Ketika sebab ombaknya yang besar hal yang demikian, pantai ini pernah dibuat sebagai tuan rumah event selancar nasional pada tahun 2010. Sistem browsing, di pantai ini anda juga merasakan pesona alam dan dapat juga berkeliling pantai dengan menaiki kuda poni.

16. Pantai Kamulyan

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Kamulyan berlokasi di kota Cilacap. Ternyata aku singgah sebagian jam untuk rehat dan merasakan mendoan (makana berasal dari tempe yang di kasih tepung kemudian di goreng separo matang).  Jalan memperhatikan semacam itu banyak bebatuan hitam yang terdampar di pasir hitam pantai Kamulyan Cilacap. Dengan penuh rasa berharap tahu aku bahkan menghampiri untuk mempertimbangkan batu apa itu. Usut punya usut ada bapak-bapak yang sedang menjaring ikan pikir aku. Jika bapak hal yang demikian sedang mengumpulkan batu bara yang terdampar di pasir hitam pantai Kamulyan Cilacap.

17. Pantai Karang Bandung

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Karang Bandung, Pantai ini dapat dibilang Surganya Batu Akik. Loh, kenapaa? kareana di pantai ini banyak sekali batu batu kecil, hehe .. melainkan beneran loh apabila disini tepatnya mencari batu akik, ketika aku kesana ujuga menemui sekitar 6 orang yang sengaja datang dari pagi sampai petang hari cuma untuk mencari bahan batu akik disini, apabila kau menyenangi batu akik juga mungkin pantai ini pantai yang pas untuk mencari bahan batu akik.

Karena menuju pantai Karang Bandung:
Untuk menuju pantai Karang Bandung ini sesungguhnya tak beda jauh dengan jalur yang dilewati untuk menuju ke pantai Kalipat, karna sesungguhnya pantai karang bandung ini apabila dibayangkan merupakan sebelahnya pantai kalipat, lebih tepatnya sebelah kirinya pantai kalipat.. jalanannya hampir sama, hanya apabila berharap ke karang bandung ini belok ke kiri dan yang ke pantai kalipatnya belok ke kanan, oiya apabila lurus terus nanti bakalan masuk ke wilayah mercusuar. Cantik kita masuk ke mercusuar betapa bagusnya ijin dahulu sama penjaganya yang ada di dalam sana, apabila telah masuk ke Mercusuar kita bisa memperhatikan laut lepas dari ketinggian, oiya dari mercusuar ini juga dapat memperhatikan kota cilacap dari ketinggian loh, ga percaya? buktiin sendiri

18. Pantai Selok Pipo

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

pantai yang berlatar belakang gunung kecil dan kebetulan lokasinya juga berdekatan, merupakan Pantai Selok dan Pantai Srandil. Kedua pantai hal yang demikian kecuali tenar dengan estetika alamnya, juga tenar sebagai daerah liburan religi bagi sebagian orang.
Selain lokasinya yang terhalang oleh Gunung Selok, banyak pelancong yang tak menyadari bahwa di balik gunung hal yang demikian terdapat panorama Pantai Selok yang cantik. Bagi pelancong yang gemar memancing, Pantai Selok merupakan daerah yang tepat, sebab yakni daerah pertemuan arus Sungai Serayu dan arus laut, sehingga banyak terdapat ragam ikan air tawar, air laut dan air payau.

19. Pantai Ketapang Indah

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Sistem Pantai Widarapayung ke arah Timur ± 3 km ada Pantai yang menarik lagi merupakan Pantai Ketapang Cantik yang berlokasi di Desa Sidaurip Kecamatan Nusawungu, Cilacap, dengan luas 10 Ha. Pantai Ketapang Cantik yakni gugusan pantai – pantai lain yang menghadap Samudra Indonesia. Disepanjang objek liburan ini yakni kebun kelapa yang dimiliki warga sekitar untuk diambil air niranya yang diterapkan sebagai bahan membikin gula kelapa.
Bagus ini menawarkan pemandangan pantai yang cantik di tumbuhi pohon kelapa dan gelombang laut yang dapat diterapkan untuk Selancar Air. Fasilitas yang ada daerah parkir yang bebas, daerah berteduh dibawah pohon kelapa dan toko-toko cindera mata telah tersusun dengan bagus.

Untuk menuju objek liburan ini sangatlah gampang sebab bisa dilewati kendaran roda dua ataupun roda empat dengan menyusuri jalan beraspal jurusan Cilacap- Gombong

20. Pantai Bunton Cilacap

Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi

Pantai bunton berlokasi di sebalah selatan kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Desa yang tenar akan penghasil batu bata merah. Di sana betul-betul banyak pengrajin bata merah, disamping tenar akan penghasil bata merah, Desa Bunton juga terdapat pantai yang cantik untuk dikunjungi. Pantai hal yang demikian merupakan Pantai Bunton. Pantai ini tenar dengan ombak yang besar serta daerah yang cantik untuk sekadar melepas jenuh, maupun berkumpul bersama sahabat-sahabat

Jika akhir minggu banyak pengunjung yang datang ke pantai Bunton.  dari kalangan si kecil muda setempat ataupun yang berasal dari wilayah luar kabupaten Cilacap. Mereka berkunjung ke pantai Bunton untuk berwisata atau melepas kepenatan diakhir minggu.
berharap berkunjung, hendaknya para pengunjung seharusnya berhati-hati. Dikarenakan pantai Bunton mempunyai ombak yang besar.


Itulah 20 tempat wisata terbaik di kabupaten Cilacap yang wajib dikunjungi, sebenarnya masih sangat banyak tempat wisata menarik lainnya yang berada di Cilacap, mungkin akan saya ulas di artikel selanjutnya.
Kalau ada pertanyaan atau rekomendasi tempat lainya dipurbalingga silakan bisa melalui kolom komentar.
Jadilah wisatawan yang baik dan bijak selalu menjaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "20 Tempat Wisata Terbaik Di Cilacap Yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel