-->

Fakta Tentang Masuk Angin Yang Sebenarnya

Siapa sih yang tak tahu “penyakit” satu ini? Padahal tak ada istilah medisnya dan tak diketahui di dunia kedokteran, masuk angin yaitu “penyakit” paling familiar di Indonesia. Para dokter malahan menganggap ini sebagai mitos, sedangkan banyak sekali orang yang mengaku kerap kali menderitanya. Anda dapat mengeceknya di dunia maya atau bertanya ke sahabat-sahabat Facebook Anda dari belahan dunia lain, dan Anda akan menemukan bahwa masuk angin itu hanya ada di Indonesia.

Masuk angin sendiri kerap kali didefinisikan sebagai rasa “tak sedap badan” imbas banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh. Dapat sebab terlalu lama di ruangan ber-AC, kerap kali menghabiskan waktu untuk kesibukan outdoor, atau kerap kali hujan-hujanan.

Keadaan ini diyakini banyak orang Indonesia sebagai penyakit sungguhan, tetapi hingga kini belum ada bukti medis yang cukup untuk menyokong klaim ini. Belum lagi masuk angin ini mirip penyakit flu/influenza, sebab mempunyai gejala dan penyebab yang sama.

Fakta Tentang Masuk Angin Yang Sebenarnya

Masuk angin menurut Dokter
Sedangkan dalam dunia kedokteran dianggap mitos, secara medis berdasarkan spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Pantai Menawan Kapuk, dr. Mulia Sp. PD seperti dikutip dari Alat.com, istilah masuk angin ini adalah situasi di mana seseorang merasa pegal, begah, atau perut terasa penuh, tak dapat stop membuang angin, mual, batuk, flu, merasa kedinginan, serta demam.

Berdasarkan dr. Mulia, orang Indonesia umumnya mulai merasa masuk angin kalau salah satu dari gejala hal yang demikian timbul. “Istilah masuk angin tak ada dalam literatur kedokteran. Jadi masuk angin itu cuma sebutan orang Indonesia bagi kumpulan gejala tadi,” ujarnya.

Sebab gejala dan penyebabnya beragam-tipe, metode penanganannya malahan bermacam-macam. Tak dapat disamakan antara gejala satu dan lainnya.

Biasanya dikala kita merasa masuk angin, metode menanganinya ialah dengan kerokan. Seandainya kata orang-orang agar anginnya “keluar”. Sayangnya dari sudut pandang medis, kerokan tak seperti itu menolong dan pun membuka dan memperlebar pori-pori tubuh. Belum lagi bila gejala yang dinikmati seperti perut begah gara-gara terlambat makan, kerokan jadi tak menolong sama sekali, sebab cuma dilaksanakan pada komponen kulit.

Mulia malahan membeberkan, sebagai pengobatan masuk angin, kerokan tak disarankan dalam standar kedokteran medis. “Seharusnya dicari dahulu penyebabnya baru dikasih penanganan yang cocok. Sekiranya gejala masuk angin masih ada sesudah sebagian hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter,” tandasnya.


Masuk angin bisa jadi tanda penyakit lainya dalam tubuh
Dalam sebuah blog yang ditulis seorang dokter umum di Rengat, Provinsi Riau, yang bernama Dr. Kosasi pada 2015 lalu, menurut hasil pengamatan dan pengalamannya sebagai daya medis, bukan penelitian yang bersifat ilmiah, penyakit masuk angin itu memang tak ada.

Gejala atau situasi yang telah diterangkan sebelumnya memang membikin seseorang merasa sekiranya dirinya masuk angin. Melainkan berdasarkan dr. Kosasi, situasi atau gejala hal yang demikian memiliki penyebab tersendiri dan dapat jadi pertanda penyakit lainnya.

Umumnya paling acap kali kita rasakan saat masuk angin yaitu demam ringan dan di dikala beriringan kita pilek. Menurut, sih, sebab terlalu lama di ruangan ber-AC atau berlama-lama di outdoor. Isu dr. Kosasi, situasi ini hakekatnya yaitu permulaan dari penyakit influenza atau flu.

Sendawa yang keluar sesudah ada komponen-komponen tubuh yang dipijat juga jadi pertanda kenapa kita merasa masuk angin, seperti saat memijat lengan atas atau bawah dan komponen tubuh lainnya.

“Fenomena unik ini tentu membikin kita sungguh-sungguh yakin bahwa kita sedang ‘masuk angin’. Apa hakekatnya penyebab keluhan ini? Keluhan sendawa bila badan kita dipijat dapat disebabkan sebagian kemungkinan penyakit. Pertama, terjepitnya urat syaraf di tempat punggung dekat tulang belikat. Lalu, kelebihan kadar lemak darah atau trigliserid (hipertrigliseridemia),” tulis dr. Kosasi dalam blognya di Kompasiana.com.

Beliau malah juga memberi rekomendasi, berhubung masuk angin tak diketahui dan tak pernah dididik dalam ilmu kedokteran pada biasanya, karenanya para dokter perlu bertanya lebih lanjut dan mendetail dikala berhadapan dengan pasien yang mengeluh masuk angin, saat memeriksakan diri ke dokter.

“ yang komplit dan terperinci seputar apa saja yang Anda natural, sungguh-sungguh bermanfaat bagi Anda dan dokter untuk menyimpulkan apa hakekatnya penyakit yang membikin Anda ‘masuk angin’,” tandasnya.


Masuk angin disebabkan oleh cuaca dan temperatur yang dingin.
Faktanya: angin, udara, dan gas memang bisa masuk ke daam tubuh. Melainkan mekanismenya tak terkait dengan cuaca dan temperatur yang dingin. Temperatur tubuh manusia akan berdaptasi denga temperatur lingkunagn di sekitarnya. "kalau temperatur udara di luar tubuh cenderung dingin - di bawah 30 derajat celcius, karenanya pembuluh darah akan bereaksi menjadi menyempit. Secara medis ini diketahui sebagai vasokonstriksi. Tujuannya untuk menaruh dan menghalangi pengeluaran kalori berlebih dari tubuh demi mencegah terjadinya kedinginan - hipotermia," ungkap dr. Ari.

Jika rongga mulut terbuka angin akan bisa masuk ke tubuh.
Faktanya: Udara memang dapat masuk ke dalam tubuh. Dalam istilah kedokteran hal ini dinamakan aerophagi."gejala lazimnya ialah perut kenyang dampak akumulasi gas dan udara yang masuk terkumpul secara berlebih di dalam lambung," Penderita akan mengalami dispepsia, adalah nyeri atau rasa tak nyaman pada perut komponen atas atau dada yang mengakibatkan perut terasa penuh, sakit, malahan terasa terbakar. Aerophagi juga dapat disebabkan oleh budaya mengisap rokok. 

Rasa pegal yakni pedoman masuknya angin ke dalam tubuh.
Faktanya: Opini ini benar-benar menjerumuskan,sebab nyeri dan pegal pada otottidak terkait dengan masuknya angin, udara, dan gas ke dalam tubuh. Kelelahan dan posisi tubuh yang konstan dalam kurun waktu yang lama dapat menyebabkan otot tegang sehingga terasa nyeri dan pegal. Otot yang dipacu berprofesi berat akan menyebabkan serabut serat-serat di dalmnya menjadi rusak. Jika sebelumnya anda tak melalukan kesibukan yang berat tetapi pegal-pegal timbul karenanya itu yakni tanggapan dari mekanisme vasokonstriksi. Penyempitan pembuluh darah dapat menyebabkan sirkulasi darah di tubuh jadi kurang lancar. efeknya sisa metabolisme dan asam laktat akan terakumulasi dan menimbulakan rasa pegal pada sekitar zona otot.

Jarang bersendawa ialah petunjuk adanya angin masuk ke dalam tubuh.
Faktanya: Hal itu dapat saja benar, sebab sekiranya jumlah gas berlebih pada lambung, karenanya tubuh akan mngeluarkannya via sendawa. Melainkan sendawa tak disebabkan oleh gas atau udara yang masuk saja, makanan berlemak,seperti cokelat dan keju, dapat menyebabkan pengerjaan pengosongan lambung menjadi lambat yang pada walhasil membikin jumlah kadar gas dalam lambung meningkat.

Jarang kentut yakni pedoman banyaknya angin yang masuk ke saluran pencernaan.
Faktanya: Jika cara pencernaan normal, karenanya, dengan bantuan enzim pencernaan, asupan makanan akan diproses dan diresapi oleh usus. Tetapi,sekiranya enzim tak mencukupi, bahan-bahan yang tak dapat diresapi akan menyebabkan kenyang sehingga terjadi gangguan pada organ usus. Ketika itulah tubuh berupaya mengeluarkan gas berlebih via kentut.

Angin dapat masuk via pori-pori tubuh.
Faktanya: Ini yakni persepsi yang benar-benar keliru. Tak ada gas yang dapat masuk via pori-pori. Fungsi pori-pori cuma untuk mengeluarkan kalori dan zat sisa metabolisme yang tak bermanfaat oleh tubuh dalam format peluh.

Melumuri tubuh dengan balsem atau minyak kayu putih akan mengeluarkan angin yang masuk dalam tubuh.
Faktanya: Berdasarkan dr. Ari, hawa panas akan menstimulasi melebarnya pembuluh darah - vasodilatasi- sehingga laju aliran darah ke semua tubuh menjadi lancar. Balsem dan minyak kayu putih maupun yang sejenisnya tidakakan mengeluarkan angin dalam tubuh, tetapi efek panasnya akan menolong menyelesaikan akibat menyempitnya pembuluh darah.

Angin yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kematian, atau "angin duduk".
Faktanya: Ini juga salah satu mitos yang benar-benar membodohkan. Dunia kedokteran tak mengetahui angin duduk, atau malahan angin berdiri. Nyeri di dada dapat disebabkan oleh pelbagai unsur, tergantung dari gejala penyokong yang dinikmati oleh pasien. Kecuali karenan gangguan otot dada, peningkatan asam lambung dan infeksi paru-paru juga dapat menyebabkan nyeri di dada. "Jika seakan-akan ada muatan yang menekan zona dada kiri yang dicontoh dengan peluh dingin dan nyeri yang menjalar sampai tangan kiri dan terasa sampai sebagian menit, ini petunjuk serangan jantung. Efeknya memang dapat menyebabkan kematian mendadak, tetapi hal ini tak ada kaitannya dengan angin yang masuk ke dalam tubuh." kata dr. Ari.

Kerokan akan melenyapakan angin yang masuk ke tubuh.
Faktanya: Kerokan tak akan mengeluarkan angin dan gas dalam tubuh. Sensasi nikmatnya kerokan ialah sebab efek pemijatan yang terjadi pada zona otot sehingga menolong relaksasi pada otot yang tegang. Terpenting sekiranya sebelumnya sekitar tempat otot hal yang demikian diolesi dengan gel atau cairan penghangat semacam balsem dll. Kesudahannya, pembuluh darah menjadi lancar, sehingga bagus untuk menyelesaikan gejala vasokonstriksi.


Budayakan membaca lebih dari satu sumber. Terimakasih

REFERENSI
Buku
Ackerman, Jennifer. 2010. Ah-Choo!: The uncommon life of your common cold. Twelve publisher.
Artikel Ilmiah
http://www.pnas.org/content/112/3/827
http://cmr.asm.org/content/26/1/135
http://apps.who.int/iris/bitstream/10665/44174/1/9789241598415_eng.pdf
http://accessphysiotherapy.mhmedical.com/content.aspx?bookid=333&sectionid=40013175&jumpsectionID=40013682
Web
http://www.medbroadcast.com/channel/cold-and-flu/boost-your-immunity/how-to-catch-a-cold
http://www.jawapos.com/read/2015/08/28/2025/mengenal-masuk-angin-dari-sisi-medis-ini-penjelasannya
https://kumparan.com/stephanie-elia/kerokan-sembuhkan-masuk-angin-mitos-atau-fakta
http://www.hipwee.com/tips/10-fakta-tentang-kerokan-yang-mungkin-belum-kamu-tahu/
https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/masuk-angin-adakah-dalam-ilmu-kedokteran
https://hellosehat.com/masuk-angin-sebenarnya-penyakit-apa-sih/ http://lifestyle.kompas.com/read/2016/02/29/175617123/Masuk.Angin.Penyakit.yang.Cuma.Ada.di.Indonesia
http://lifestyle.kompas.com/read/2014/06/06/1052596/Awas.Maut.Ini.Serangan.Jantung.Bukan.Masuk.Angin
Opini
http://www.kompasiana.com/dr.kosasi/masuk-angin-sakit-apa-sebenarnya_5529039f6ea834767b8b45d4
Video
https://www.youtube.com/watch?v=2peYMKQgTsM
https://www.youtube.com/watch?v=UWgiyQV3nYc
https://www.youtube.com/watch?v=AaeUX5lFx-s&spfreload=5

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fakta Tentang Masuk Angin Yang Sebenarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel