-->

Planet Raksasa Aneh, Ditemukan Tanpa Bintang Induk

Planet raksasa yang aneh dia ditemukan melayang-layang sendiri tanpa mengorbit bintang induknya, ini yang kemudian membuat para ilmuan bingung.

Planet Raksasa Aneh, Ditemukan Tanpa Bintang Induk

Sekelompok regu astronom sukses menemukan planet eksotis muda yang tak mengorbit pada satu bintang. Planet yang bebas melayang sendiri ini disebut PSO J318.5-22, berjarak cuma 80 tahun sinar dari Bumi dan punya massa enam kalinya Jupiter.

Planet ini cukup muda untuk ukuran masa hidup planet, yaitu baru terwujud sekitar 12 juta tahun lalu. Dia terdeteksi secara tak sengaja berkat panas unik yang dihasilkannya dan tertangkap oleh teleskop Haleakala, Maui.

Pemantauan lebih lanjut menemukan planet ini mempunyai properti mirip dengan planet gas raksasa yang mengorbit pada bintang muda. Melainkan anehnya, planet PSO J318.5-22 melayang sendiri tanpa adanya bintang induk.

Planet Raksasa Aneh, Ditemukan Tanpa Bintang Induk


"Kami belum pernah memperhatikan obyek melayang bebas sendiri di antariksa seperti ini. Dia memiliki karakter planet yang melayang di sekitar bintang induk, namun dia melayang sendirian," kata ketua regu peneliti, Michael Liu, dari Institute for Astronomy di University of Hawaii, Manoa.

Selama sebagian dekade, planet ekstrasolar ditemukan dengan berjenis-jenis metode. Seribu di antaranya ditemukan dengan metode tak lantas berupa bintang induknya yang \"mengedip\". Tapi, cuma segelintir yang ditemukan dengan metode pencitraan lantas, dan kesemuanya mengorbit pada bintang muda.

PSO J318.5-22 merupakan obyek melayang bebas dengan massa terendah yang pernah dikenal. Aspek unik yang dimilikinya merupakan massa, warna, dan kekuatan yang dikeluarkan.

Baca Juga : Bagaimana Para Astronom Bisa Mengetahui Usia Bintang ?

Sumber : nationalgeographic.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Planet Raksasa Aneh, Ditemukan Tanpa Bintang Induk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel