-->

Bahaya Tidur Setelah Makan Menurut Islam

Terasa nikmat memang ketika kita sudah makan lalu tidur, tetapi tahukah anda kalau segera tidur sesudah makan dapat memberikan pelbagai efek buruk bagi kesehatan? Lantas tidur sesudah makan memang terasa benar-benar nikmat, bagaimana tak? sesudah begah makan segera tidur untuk berisitirahat.
Tapi sebaiknya anda mulailah untuk menghilangkan budaya buruk itu, sebab segera tidur sesudah makan dapat menyebabkan pelbagai gangguan bagi tubuh anda, sampai stroke dapat anda peroleh apabila anda tak merubah budaya ini.
Tiap harinya, tubuh memerlukan gizi – gizi penting untuk berkesibukan. Gizi – gizi ini banyak terkandung pada makanan – makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Dengan terpenuhinya gizi per harinya, karenanya seseorang bahkan akan bisa berkesibukan dengan lancer dan tanpa ada halangan. Gizi yang masuk ke dalam tubuh akan mensupport kegiatan – kegiatan yang dikerjakan, kecuali itu, gizi hal yang demikian juga bisa menjaga kesehatan tubuh.

Bahaya Tidur Setelah Makan Menurut Islam

Gizi – gizi bisa masuk ke dalam tubuh via pelbagai tipe makanan yang dikonsumsi. Sedangkan yang dikonsumsi bahkan beraneka, seperti itu pula dengan gizi yang dikandung. Untuk memenuhi keperluan gizi tiap harinya, lazimnya seseorang akan makan sebanyak  3 – 5 hari sekali, dengan pola – pola tertentu, seperti makan pagi, siang dan malam.


Tapi demikian, banyak kasus dimana anda melewatkan sarapan, dan malam makan – makanan berat atau sekadar makan makanan ringan sebelum tidur. Banyak unsur yang menyebabkan perilaku makan sebelum tidur ini, seperti kurangnya gizi selama bentang waktu pagi sampai petang hari, sehingga anda menikmati lapar yang benar-benar menggangu pada dikala anda mau pergi tidur di malam hari.

Pada dasarnya, makan sebelum tidur mempunyai efek yang cukup membahayakan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberpa bahaya yang timbul sebab budaya makan sebelum tidur :

1. Berat badan naik
Untuk menurunkan berat badan, kau semestinya membakar kalori lebih banyak dari kalori yang masukke tubuh, makan larut malam benar-benar membahayakan sebab dapat membikin tubuh menumpuk lemak lebih banyak. Sekiranya kau lapar tengah makan, sebaiknya cobalah mengisi perut dengan makanan sehat seperti salad dan buah, bukan makanan tinggi kalori seperti kudapan manis atau pizza.

Kenapa hal ini dapat terjadi?

Perlu anda ingat, bahwa tiap makanan dan makanan ringan yang masuk ke dalam tubuh anda mempunyai kandungan kalori yang diperlukan tubuh untuk melaksanakan kegiatan.

Saat asupan kalori masuk ke dalam tubuh anda, dan tak ada kegiatan lain yang anda lakukan, karenanya kalori hal yang demikian tak akan terbakar, dan pun akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh tanpa adanya pelaksanaan pembakaran akan benar-benar menolong anda menambah berat badan secara drastis, dan pada alhasil akan mengakibatkan kegemukan.

2. Diabetes
Diabetes adalah efek domino dari terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh anda dan kegemukan yang disebabkan oleh budaya tidur sesudah makan . Kalau anda mempunyai budaya mengonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur, karenanya bersiaplah dengan munculnya penyakit ini, yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi di dalam tubuh anda.

3. Rasa panas di dada
Meringkuk sesudah makan mungkin akan membikin merasa bagus pada mulanya, tetapi sementara tubuh beristirahat, cara pencernaan akan berprofesi keras. Lantas tidur sesudah makan dapat memicu sakit maag, yang disebabkan oleh kelebihan asam lambung sehingga memunculkan rasa panas yang menyebar naik dari perut ke dada dan kadang hingga tenggorokan.

4. Serangan Jantung
Serangan jantung bisa terjadi sebagai pengaruh lemak yang menumpuk, dan mempunyai resiko menyumbat komponen – komponen pembuluh darah anda. hal ini akan meningkatkan resiko anda dalam mengalami serangan jantung, disamping unsur – unsur lainnya. Penumpukan lemak hal yang demikian bisa terjadi sebab budaya buruk dalam makan sebelum tidur, yang membikin lemak dan kalori tak akan terbakar. Serangan jantung ialah salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

5. Acid Reflux
Acid reflux adalah suatu keadaan medis dimana asam lambung akan naik ke tempat kerongkongan atau tenggorokan anda. hal ini disebabkan dikala anda segera meringkuk dan berupaya untuk tidur sesudah mengonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari.

Saat anda mengonsumsi suatu makanan, karenanya asam lambung anda akan keluar dan berprofesi, tetapi dikala anda segera meringkuk, karenanya asam lambung akan naik ke atas, terlebih ke komponen tenggorokan dan kerongkongan anda. Kondisi ini akan memunculkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan anda ketiga anda bangun pada pagi hari keesokan harinya.

6. Heart Burn
Penyebab dari heart burn ini sama seperti penyebab pada acid reflux.. Seketika heart burn terjadi dikala anda menikmati rasa panas dan tak nyaman pada komponen dada sesudah anda mengonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur.

Kondisi ini sama – sama disebabkan oleh asam lambung yang naik ke komponen rongga dada anda, sehingga memunculkan efek panas dan tak nyaman pada komponen rongga dada anda. tetapi demikian, keadaan heart burn ini jarang terjadi, pada keadaan normal.

7. GERD ( Gasteophageal Reflux )
GERD atau Gasteophageal Reflux adalah domino effect dari heart burn. Kalau anda menikmati gejala heart burn yang acap kali timbul dikala anda mengonsumsi makanan berat maupun camilan sebelum anda tidur, karenanya anda semestinya memeriksakannya ke dokter, sebab ada kemungkinan anda menderita GERD atau Gasteophageal Reflux hal yang demikian.

8. Stroke
Lantas tidur sesudah makan juga bisa meningkatkan kans untuk mengalami stroke, berdasarkan sebuah penelitian yang dikerjakan di University of Ioannina Medical School di Yunani. Penelitian yang dipusatkan pada 500 orang sehat, menemukan bahwa orang yang menunggu paling lama antara makan dan tidur berada di risiko terendah mengalami stroke.

Model Pola Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur memang cukup direkomendasikan. Tapi bagi anda yang memang terbukti menikmati lapar sebelum tidur, ada pantasnya anda mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat dan protein yang tinggi. Sedangkan yang mengandung serat dan protein tinggi akan menolong anda membendung lapar dan meberikan gizi yang tak akan menumpuk menjadi lemak.  makanan yang bagus dikonsumsi :

Sayur – sayuran. Sayur – sayuran memeiliki kandungan gizi dan serat yang tinggi, sehingga akan menolong pelaksanaan pencernaan pada dikala anda tidur, sehingga bisa meminimalisir penumpukan kalori menjadi lemak pada tubuh anda.
Buah – buahan. Sama seperti sayuran, buah – buahan juga mempunyai kandungan serat yang tinggi, dan bisa menolong pelaksanaan pencernaan pada tubuh anda dikala sedang tidur.
Oatmeal. Oatmeal mempunyai kandungan serat tinggi, rendah kalori dan menolong anda menjadi lebih begah. Makanlah oatmeal supaya rasa lapar anda bisa sirna tanpa adanya penumpukan kalori yang berlebihan.
Susu Skim rendah lemak. Susu skim rendah lemak mempunyai kandungan protein tinggi, dan kapabel membikin anda menjadi lebih begah, sehingga tak perlu menumpuk kalori terlalu banyak.

Dihindari Sebelum Tidur

Lalu ada beberaa makanan yang seharusnya anda hindari untuk dikonsumsi sebelum tidur. makanan hal yang demikian antara lain :

Gorengan. Bahaya gorengan telah tak terhitung lagi, malahan bisa menyebabkan kanker. Gorengan mempunyai kandungan lemak yang tinggi, yang susah untk terbakar, apalagi dikala anda tak melaksanakan kegiatan. Kondisi ini tentunya akan menambah timbunan lemak dikala anda sedang tertidur.
Pasta. Pasta salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat yang tinggi akan mewujudkan kalori yang tinggi, sehingg mengonsumsi tipe pasta pada malam hari sebelum anda tidur cuma akan menambah tumpukan lemak yang ada di dalam tubuh anda.
Minuman Bersoda. Minuman bersoda mempunyai kandungan gas yang benar-benar tinggi, bahaya minuman soda benar-benar banyak sekali. Anda tak boleh mengonsumsi minuman ini sebelum anda tidur, sebab akan minumbulkan efek acid reflux pada tenggorokan anda. kecuali itu, soda juga mempunyai kandungan gula yang tinggi, yang bisa memicu obesitas atau kegemukan
Es Krim. Es krim mempunyai kandungan lemak yang benar-benar tinggi. Tent saja mengonsumsi es krim pada malam hari sebelum anda tidur akan ‘ menolong ‘ penumpukan lemak yang terjadi di dalam tubuh anda.
Mie. Bahaya mie instan telah menjadi rahasia awam, makanan ini malahan 2 jam saja tak tercerna di lambung. Mie mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, dan cenderung susah untuk dicerna. Kondisi ini akan membikin asam lambung anda berprofesi lebih ekstra, yang nantinya akan memberi pengaruh tidur anda, dan akan menjadi lemak, sebab belum tercerna secara total.
Berapa Jam Makan Sebelum Tidur

Siang hari, minimal 2 jam sesudah makan
Malam hari, Minimal 4 jam sesudah makan baru boleh tidur. Bahaya makan malam hari jauh lebih besar sebab porsi tidurnya lebih banyak.
 sudah dibahas tipe makanan apa saja yang bagus dikonsumsi sebelum tidur, bukan berarti anda dapat mengonsumsi makanan hal yang demikian lalu kemudian segera tidur. Anda semestinya memberikan waktu kaprah – kaprah 30 menitan untuk memberi kans supaya makanan hal yang demikian bisa dicerna dengan bagus di dalam tubuh anda.

Atau, anda juga dapat melaksanakan olahraga ringan sesudah 20 menit makan, untuk menolong membakar kalori, dan membikin anda menjadi lebih lelah sehingga dapat tidur lebih lelap.

Itulah sebagian bahaya yang bisa dimunculkan seandainya anda makan sebelum tidur. Mungkin memang tak terasa pada mulanya, tetapi seandainya telah menjadi sebuah budaya, karenanya budaya hal yang demikian akan benar-benar mengganggu kesehatan anda. Bahaya tidur sesudah makan ini adalah budaya buruk yang mengganggu kesehatan, terlebih bagi diet anda.


Demikianlah tips Kesehatan dari saya. Semoga anda lebih produktif dalam tiap rutinitas yang anda kerjakan serta senantiasa menyempatkan waktu untuk menjaga kesehatan tubuh. (Sumber : Dari beraneka sumber).

Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman atau keluarga agar senantiasa menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahaya Tidur Setelah Makan Menurut Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel